Tak banyak yang tahu, 10 film Tanah Air ini ternyata sabet rekor MURI

Tak banyak yang tahu, 10 film Tanah Air ini ternyata sabet rekor MURI

Tak banyak yang tahu, 10 film Tanah Air ini ternyata sabet rekor MURI

donnalongpiano.com - Industri perfilman Tanah Air semakin berkembang dengan karya-karya anak bangsa. Tak sedikit film yang diproduksi sineas Indonesia. Karya tersebut mendapat respons dari para penonton maupun pecinta film. Tak sekadar itu, film Indonesia ikut mencatatkan rekor baru di Indonesia. Salah satu lembaga yang dikenal mencatatkan rekor di Indonesia bernama Museum Rekor Dunia Indonesia atau biasa disebut MURI yang sudah ada sejak tahun 1990. Seiring perkembangan zaman, sederet film Indonesia pun berhasil memecahkan rekor baru. Ada beberapa kategori yang berhasil mengantarkan film Indonesia menjadi pemecah rekor dunia. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (2/8), berikut deretan film yang pernah menyabet rekor MURI. 1. Si Doel The Movie.

foto: jadwalnonton.com

Film lanjutan dari sinetron populer di era 1990-an ini berhasil memecahkan dua rekor MURI sekaligus. Si Doel The Movie berhasil mencatatkan rekor sebagai film pertama yang tayang di Belanda. Bukan hanya itu, film ini berhasil menjadi film pertama yang tayang perdana selama dua hari. 2. Mereka Yang Tak Terlihat.

foto: Instagram/@skylar.pictures

Film bergenre horor produksi dari Skylar Pictures mendapatkan rekor MURI sebagai film drama horor dengan pemeran karakter makhluk astral terbanyak. Dalam film Mereka yang Tak Terlihat ini tercatat ada 67 tokoh makhluk gaib. 3. Capres.

foto: themoviedb.org

Film Capres: Calo Presiden rilis pada 2009 silam. Film bergenre drama komedi ini mendapatkan rekor dari MURI sebagai film parodi politik pertama di Indonesia. Sederet bintang menjadi pemain dalam film Capres di antaranya Happy Salma, Sujiwo Tejo, Cathrine Wilson, Butet Kertaradjasa, dan Dwi Sasono. 4. Cai Lan Gong.

foto: istimewa

Film horor selanjutnya yang pernah meraih rekor MURI berjudul Cai Lan Gong. Film ini mengisahkan tentang asal mula kehidupan Jailangkung.

Dalam film tersebut diceritakan bahwa asal mula permainan Jailangkung berasal dari China. Film ini berhasil mencatatkan rekor MURI sebagai film bioskop pertama yang memakai smartphone beresolusi 4K. 5. Danur: I Can See Ghost.

foto: Instagram/@manojpunjabimd

Film horor pertama Prilly Latuconsina bertajuk Danur: I Can See Ghost ini berhasil mencatatkan rekor baru. Dalam kurun satu minggu penayangan, Danur berhasil ditonton sekitar 1,2 juta penonton. Danur mencatatkan rekor baru sebagai film horor dengan penonton terbanyak pada seminggu penayangannya. 6. 1000 Balon.

foto: 108jakarta.com

Film berjudul 1000 Balon mendapatkan rekor MURI sebagai Film Anak Pertama yang Dibuat oleh Anak dan untuk Anak. Film yang rilis pada tahun 2013 ini diproduksi dan dibuat oleh anak-anak mulai dari sutradara, kameramen, hingga semua orang yang terlibat dalam proses pembuatan film. 7. Ayu Anak Titipan Surga.

foto: 21cineplex.com

Satu lagi film anak-anak yang berhasil meraih rekor MURI yakni Ayu Anak Titipan Surga. Film ini rilis pada tahun 2017 lalu dan menorehkan sejarah sebagai film dengan penonton terbanyak sebelum tayang. Hal tersebut disebabkan karena rumah produksi film, Griya Pelopor Budaya berhasil menjual tiket sekitar 100 ribu tiket sebelum diputar serentak di bioskop. 8. Soegija.

foto: jagatreview.com

Film Soegija berhasil meraih rekor MURI untuk kategori sebagai film dengan jumlah pemain terbanyak dan film dengan pemakaian bahasa terbanyak. Dalam film tersebut terdapat beberapa bahasa yang ditampilkan di antaranya Indonesia, Jawa, Inggris, Belanda, Jepang, dan Latin. 9. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1.

foto: gramedia.com

Film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1 mendapat respons positif dari penonton Indonesia. Film yang rilis tahun 2016 berhasil mencatatkan rekor MURI sebagai film dengan perolehan penonton terbanyak dalam sehari. Selain itu, film yang dimainkan oleh Tora Sudiro, Vino G Bastian, dan Abimana ini berhasil menjadi film tecepat dalam memperoleh 1-3 juta penonton. 10. Selembar Itu Berarti.

foto: kapanlagi.com

Film selanjutnya yang menyita perhatian adalah film Selembar Itu Berarti. Film ini mencatatkan rekor MURI sebagai film dengan penonton terbanyak sebelum film ditayangkan di bioskop sudah ditonton 300 ribu kali. Bukan cuma filmnya, sang sutradara yakni Dedy Arliansyah juga mendapatkan rekor MURI yakni masuk kategori jabatan terbanyak dalam satu produksi film. Disebutkan bahwa Dedy berhasil merangkap sebanyak 18 jabatan untuk membuat film tersebut.