5 Mantan atlet ini maju jadi caleg di Pemilu 2019

5 Mantan atlet ini maju jadi caleg di Pemilu 2019

5 Mantan atlet ini maju jadi caleg di Pemilu 2019

donnalongpiano.com - Pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejak 4 Juli lalu telah ditutup. Ada sekitar 574 bakal calon legislatif yang didaftarkan sejumlah partai politik.

Di antara ratusan nama itu ternyata ada nama-nama mantan atlet yang familiar di telinga masyarakat. Atlet-atlet yang dulunya mengharumkan nama Indonesia di arena pertandingan, kini mencoba peruntungannya di jalur politik.

Beberapa partai politik yang menggaet para atlet pada Pemilu 2019 ini antara lain Partai Demokrat, Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Nama-nama yang terdaftar di antaranya ada mantan atlet bulutangkis, tinju dan judo.

Siapa saja mereka? Berikut ini deretan mantan atlet yang maju jadi caleg Pemilu 2019, seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Rabu (18/7).

 

1. Taufik Hidayat.

 

Nama Taufik Hidayat tidaklah asing di telinga masyarakat Indonesia. Mantan atlet bulutangkis tunggal putra Indonesia ini punya segudang prestasi. Salah satunya adalah saat ia menyumbang medali emas pada Olimpiade Athena Yunani pada 2004 lalu. Kali ini ia mencoba peruntungannya di dunia politik dengan maju sebagai caleg lewat Partai Demokrat.

 

2. Chris John.

 

Sejak pertengahan Februari 2018 mantan petinju kebanggan Indonesia ini gabung ke Partai Demokrat. Namun baru lima bulan ia memutuskan untuk hengkang ke Partai Nasional Demokrat untuk maju menjadi caleg di Pemilu 2019. Sejak memutuskan pensiun dari dunia tinju, Chris pernah beberapa kali berseragam partai politik. Ia pernah bergabung bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada tahun 2017 lalu.

 

3. Hariyanto Arbi.

 

Menyandang gelar legenda bulutangkis Indonesia, Hariyanto Arbi kini mulai ikut terjun ke dunia politik. Pada Pemilu 2019, pebulutangkis yang dulunya dijuluki smash 100 watt ini maju lewat PSI. Dilansir dari laman resmi PSI, Hariyanto akan memperjuangkan nasib atlet-atlet yang dirasa masih kurang mendapat perhatian jika terpilih nantinya.

 

4. Ricky Subagja.

Selain mengusung nama Taufik Hidayat, mantan atlet selanjutnya yang maju dari Partai Demokrat adalah Ricky Subagja. Ricky bakal maju dari daerah pemilihan Jawa Barat. Selama menjadi atlet, Ricky menymbang dua gelar juara All England Open tahun 1995 dan 1996. Ia juga pernah meraih emas Olimpiade Atlanta 1996 bersama Rexy Mainaky.

 

5. Krisna Bayu.

 

Ingat dengan atlet judo yang pernah membanting Ayu Ting Ting di acara televisi? Mantan atlet bernama Krisna Bayu ini maju sebagai caleg pada Pemilu 2019 lewat Partai Demokrat. Ia menjadi mantan atlet ketiga yang namanya diusung oleh partai yang diketuai oleh mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.