Kylian Mbappe cetak gol di final, mematahkan rekor 60 tahun

Kylian Mbappe cetak gol di final, mematahkan rekor 60 tahun

Kylian Mbappe cetak gol di final, mematahkan rekor 60 tahun

donnalongpiano.com - Striker Perancis, Kylian Mbappe menyumbangkan satu gol untuk Les Blues dalam laga final Piala Dunia, Minggu (15/7) malam WIB. Atas gol tersebut, Mbappe sukses mematahkan rekor yang bertahan selama enam puluh tahun.

Final yang digelar di Stadion Luzhniki ini berujung kemenangan 4-2 untuk Les Blues. Perancis unggul lebih dulu lewat gol bunuh diri Mario Mandzukic di menit 18. Ivan Perisic sempat membuat asa tim asuhan Zlatko Dalic membuncah lewat gol di menit 28.

Namun, Perancis kembali unggul setelah Antoine Griezmann menggandakan gol Perancis pada menit 38 lewat penalti. Hingga turun minum, Perancis menang 2-1.

Unggul dua gol, tak membuat Perancis mengendurkan serangan. Upaya Perancis membuahkan hasil. Paul Pogba menambah derita untuk Kroasia pada menit 59. Perancis menambah sebiji gol lewat kaki Kylian Mbappe. Kroasia sempat memperkecil skor lewat gol Mario Mandzukic.

Bagi Kylian Mbappe gol tersebut bukan sekadar menambah keunggulan untuk Perancis. Dikutip brilio.net dari Dailymail, Mbappe yang berusia 19 tahun, sukses menjadi pemain muda pertama yang mencetak gol di final Piala Dunia sejak 1958.

Tepat enam puluh tahun lalu, Pele menjadi pesepakbola muda berusia 17 tahun mencetak gol di final Piala Dunia. Dua golnya mengantarkan Brasil mengalahkan Swedia 5-2 dan memenangi trofi Piala Dunia. 

Pemain Paris Saint Germain ini sudah mengikuti jejak Pele saat pelatih Perancis, Didier Deschamps memasangnya menjadi starter XI di final Piala Dunia 2018. Ia menjadi pemain muda ketiga dalam sejarah yang bermain di final Piala Dunia. Sebelumnya hanya ada dua pemain muda yang bermain di final Piala Dunia.

Pele dari Brasil bermain di final Piala Dunia pada tahun 1958. Jejak Pele kemudian diikuti oleh pesepakbola muda Italia, Giuseppe Bergomi pada tahun 1982.